Cara Melakukan Tai Sabaki

YogyaAiki – Tai Sabaki adalah gerakan seluruh tubuh, ini adalah bagian penting ketika kita belajar beladiri. Begitu pula dalam beladiri Aikido. Tai Sabaki berkaitan erat dengan Ashi Sabaki (gerak langkah kaki) dan Te Sabaki (gerakan tangan), ini disebut juga dengan manajemen tubuh.

Ketika latihan di dojo sebenarnya kita juga pasti latihan Tai Sabaki namun hal ini kadang jarang dibahas secara khusus. Semuanya tergantung dari Senseinya. Postingan ini sifatnya hanya untuk pengetahuan dan bukan bermaksut sok tahu. Kami berterimakasih apabila ada yang mengkritisi dan mau menyempurnakan tentang postingan ini.

Baiklah, bagaimana melakukan Tai Sabaki perhatikan keterangan dan gambar berikut ini:

  • IRIMI, dari Hidari Hanmi lakukan suatu gerakan kaki depan Anda berpindah dari posisi semula keluar dari garis serang musuh diikuti kaki belakang memasuki area “blind spot” titik kelemahan musuh. Ini ada sedikit perbedaan ketika melakukan irimi pada Aiki taisho, nage hanya melangkahkan kaki kedepan secara lurus. Lakukan hal ini berulang dengan kaki depan berbeda.

Irimi

  • ISSOKU IRIMI, dari Hidari Hanmi lakukan suatu gerakan kaki belakang diagonal kedepan dari garis serangan. Kaki belakang Anda sekarang akan menjadi kaki depan Anda. Bawa kaki lainnya di belakang untuk melanjutkan sikap Anda. Ketika Anda telah menyelesaikan gerakan, Anda harus mengubah sikap Anda untuk migi Hanmi. Lakukan hal ini berulang dengan kaki depan berbeda.

Issoku Irimi

  • TENKAI (Pivot), dari Hidari Hanmi berputarlah 180 derajat pada telapak kaki Anda, berakhir menghadap arah yang berlawanan. Jika posisi awal Anda menghadapi utara di Hidari Hanmi, ketika Anda telah menyelesaikan gerakan, Anda akan menghadap ke selatan dan berada di Migi Hanmi. Lakukan hal ini berulang dengan kaki depan berbeda.

TENKAI

  • TENKAN, dari Hidari Hanmi melangkah sedikit dari jalur serangan dengan kaki depan. Putar pinggul Anda 180 derajat dengan membawa kaki belakang. Kalau sebelumnya Anda menghadap ke utara, sekarang akan menghadap ke selatan dan masih dalam sikap Hidari Hanmi. Lakukan hal ini berulang dengan kaki depan berbeda.

Tenkan

  • IRIMI TENKAN (Gerakan ini juga dikenal sebagai “kaiten”), dari Hidari Hanmi lakukan Issoku Irimi, yaitu melangkah dengan kaki belakang, kemudian berputar 180 derajat bersumbu dengan kaki depan. Anda sekarang harus menghadap ke arah yang berlawanan dan dalam sikap yang berlawanan (Migi Hanmi). Lakukan hal ini berulang dengan kaki depan berbeda.

Irimi Tentan

  • HANTAI TENKAN, dari Hidari Hanmi lakukan Issoku Irimi yaitu melangkah dengan kaki belakang, kemudian putar pinggul Anda seakan melakukan Tenkan tetapi hanya 90 derajat dan tarik kaki Anda yang satunya sehingga sikap Anda Migi Hanmi Kamae namun dengan posisi menghadap yang berbeda, yang tadinya menghadap ke utara sekarang menghadap ke barat. (ingat Anda hanya tenkan 90 derajat). Lakukan hal ini berulang dengan kaki depan berbeda.

Hantai Tenkan

  • TSUGI ASHI, dari Hidari Hanmi atau Migi Hanmi geser kaki depan anda dan segera susul dengan kaki belakang Anda. Lakukan hal ini tanpa merubah sikap kamae Anda.

Tsugi Ashi

  • AYUMI ASHI, dari Hidari Hanmi geser kaki belakang Anda kedepan sehingga posisi Anda Migi Hanmi, lakukan hal ini bergantian seperti kita berjalan biasa namun pertahankan sikap kamae Anda. (Yanto)

Ayumi Ashi