Aikido – Olahraga Plus Apa Plus Olahraga?

Kotegaeshi Aikido AikiJgj – Sekilas judul diatas hanya sebuah pertanyaan yang gak penting banget, ya kan? yang pasti sama-sama keluar keringat dan sehat. Ok yok pelan-pelan kita ulas kanti weninging pikir, segala sesuatu tergantung dari niat bukan? jika anda menginginkan olahraga plus tentu ini perlu pertimbangan yang didasari karena kebutuhan. Kalau olahraga saja sudah jelas dan pasti tujuan utama menjaga kebugaran. Namun kalau olahraga plus, plusnya disini apa? misalnya saja Anda menginginkan tidak sekedar memilih olahraga biasa tetapi memilih olahraga yang selain untuk menjaga kebugaran juga bisa digunakan untuk beladiri pada saat dubutuhkan. ha ha ha kenapa dari awal tidak bilang aja olahraga beladiri! ait ini beda saudaraku, kalau kita ngomongin olahraga beladiri ini pasnya untuk kalangan anak muda saja atau paling tidak di bawah 30 tahun, mengapa? karena pada umumnya olahraga beladiri itu keras, membutuhkan stamina prima, dan bisa dijadikan ajang prestasi. Lalu bagaimana dengan Om-tante, Bapak-Ibu atau bahkan yang sudah punya Cucu? mereka juga butuh olah gerak yang bisa menjaga kebugaran atau olahraga yang tidak terlalu menguras energi namun bisa digunakan untuk beladiri. Jawabanya jelas, ambil olahraga plus beladiri seperti: Aikido, taichi, silat tradisional tertentu (misal cikalong). Olahraga ini tidak dipertandingkan, tidak keras, bisa menjaga kebugaran plus bisa untuk beladiri dan yang pasti bisa diikuti oleh segala umur.
Ketiga olahraga beladiri diatas dikembangkan tidak selalu mengandalkan kekuatan otot, gerakanya lembut dan alami, mengandalkan keseimbangan dan koordinasi yang baik. Hal ini juga mendorong koordinasi pernapasan dan gerakan. Pelatihan Aikido bisa mendapatkan keuntungan kebugaran, kekuatan, fleksibilitas dan stamina yang dibangun secara bertahap serta lebih welas asih dalam hidup. Selain manfaat fisik, Aikido juga meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan mental. Setiap kali latihan Anda perlu konsentrasi, menjaga center dan jaga sinkronisasi gerakan tangan, kaki serta tubuh Anda. Latihan Aikido juga mengajarkan kita untuk keluar garis serangan, berbaur dengan Uke, mengarahkan tenaga Uke, dan membimbing ke sebuah kesimpulan yang aman. Banyak orang merasakan manfaat dan mengalami peningkatan kesehatan yang signifikan, dan biasanya menemukan mereka memiliki lebih banyak energi untuk kehidupan sehari-hari, setelah mereka menjadikan Aikido bagian dari rutinitas mingguan mereka.
Saat ini kita sering kali mendengar berita atau informasi tentang banyaknya korban kriminal, pemerkosaan, pembegalan disertai kekerasan dan masih banyak lagi maka ketika kita menjatuhkan pilihan olahraga yang pas ya olahraga plus beladiri. Tidak hanya sekedar menjaga kebugaran tetapi ada manfaat lain (plus) beladiri setelah rutin mengikuti kegiatan tersebut. Bukan sekedar……plus olahraga, sekedar keluar keringat, bakar kalori dan bugar saja. Jika demikian lakukan saja setiap anda pergi ke kantor, kuliah atau bahkan ke Solo selian dengan jalan kaki pasti berkeringat. Jadi “jalan-jalan plus olahraga”.
Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan, namun tentunya hanya beberapa saja yang layak untuk dijadikan pilihan. Pilihan ada ditangan anda, lakukan semua kanthi weninging pikir agar semua keputusan membawa manfaat. Sekian….. (Yanto)