Pentingnya Belajar Beladiri

Belajar Beladiri YogyakartaYogyakarta – Setiap hari kita selalu menyaksikan informasi/berita kriminalitas. Premanisme kini tidak hanya terjadi di kota-kota besar tetapi sudah mulai merambah kepinggiran kota bahkan hingga desa-desa yang dahulu dikenal nyaman jauh dari carut marut kota. Aparat keamananpun sudah mulai kewalahan menangani berbagai macam tindakan kriminal, akankah kita hanya mengandalkan aparat keamanan untuk setiap denyut kehidupan kita? tentu saja tidak! dalam sutuasi tertentu kita pasti harus terpisah(mandiri) dari saudara, tetangga, teman maupun komunitas, maka pada saat itulah kita harus siap dalam segala hal. Persiapan apa yang harus diperlukan? Bela diri! ya keterampilan beladiri setidaknya menjadi bekal kita. Setidaknya dengan bekal paling tidak salah satu ilmu beladiri Anda lebih percaya diri dan dalam kondisi terancam tidak mudah panik, bisa berfikir logis untuk melakukan apa yang harus anda lakukan.
Kalau kita ngomongin bela diri tentunya tidak akan ada habisnya, baladiri lokal seperti yang kita kenal dengan silat tentu banyak ragam karena didasari oleh unsur-unsur budaya, terutama Indonesia. Indonesia mempunyai banyak suku yang hidup di suatu daerah kepulauan tentu saja ini masing-masing mempunyai kekasan sendiri-sendiri. Berawal dari beladiri silat tradisional hingga yang dikemasi secara modern yang saat ini kita kenal silat atlit atau silat yang di kompetisikan melalui ajang olah raga nasional.
Selain silat masih banyak lagi beladiri impor seperti aikido, karate, judo, taekwondo, jetkundo, kungfu dan lain sebagainya. Masing-masing tumbuh dan berkembang membawa kekhasan sendiri. Bagi yang menginginkan mempelajari salah satu dari sekian banyak pilihan beladiri tentu saja penting untuk diikuti secara serius. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak ada yang sempurna, ya tidak ada yang sempurna selagi beladiri ini hasil sekenario makluk lemah (manusia). Yang keras belum tentu kuat dan yang lembut belum tentu lemah, tentu saja ini sangat tergantung pada pengguna beladiri tersebut. Apapun beladiri yang anda minati berlatihlah secara serius agar manfaat jasmani maupun rohani bisa anda rasakan disaat yang tepat. (Yanto)